Introduction to Knowledge Management

knowledge-sharing-wordle

Jakarta, 19 November 2009

Knowledge Management (KM), bisa kita artikan dengan manajemen pengetahuan. Apakah itu knowledge management? Sebelum kita membahas terlebih dalam dari knowledge management, kita harus terlebih dahulu mengetahui arti, konsep dan apa tujuan dari knowledge management.

Management adalah suatu cara untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk suatu tujuan. Sedangkan knowledge adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, contoh, Koran, majalah, email, e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia.

Knowledge management menerapkan sebuah konsep dimana secara komprehensif sebuah perusahaan menggumpulkan, mengorganisir, membagi, dan menganalisa knowledge itu sendiri dalam bentuk resources, dokument-dokument, dan kemampuan-kemampuan dari pekerjanya.

Dan dapat kita simpulakan bahwa, knowledge management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengindentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi.

kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Belakangan ini suatu perusahaan diukur nilainya dari cara perusahan itu membuat, menggunakan dan menggunakan ulang knowledge untuk meningkatkan nilai ke produk dan proses nya, dan untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan customernya.

Tujuan knowledge management adalah menyediakan lingkungan yang fleksibel dan kerangka kerja untuk knowledge management perusahaan yang mengintegrasikan konten, proses bisnis dan orang-orang seperti mereka menerapkan pengalaman dan kompetensi dalam rangka kegiatan usaha.

Hal ini memberikan dasar-dasar input ke pendekatan yang inovatif dan produktivitas perkembangan. Sebagai hasil baru diciptakan untuk bisnis, dan dicatat melalui integrasi dengan proses bisnis dan konten, maka knowledge baru dapat disimpan dan digunakan kembali.

Knowledge management bertindak sebagai “tahu bagaimana” ketika melakukan kegiatan usaha atau mengembangkan bisnis baru.  Dan mendukung memungkinkan fleksibilitas operasional organisasi, proses bisnis dan orang-orang untuk menjawab tantangan dalam suatu kompetisi dan menuntut lingkungan bisnis.

Knowledge management juga memberikan solusi dengan menyediakan kerangka yang mendukung penemuan pengetahuan, kolaborasi bisnis, komunitas latihan, akses ke pengetahuan dan ahli manajemen inovasi di organisasi mereka.

Setelah kita membahas arti, konsep dan tujuan dari knowledge management, berikutnya kita dapat membahas strategi-strategi dari knowledge management di posting berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *