Diversification Business Strategies

Sebuah perusahaan dihadapkan pada pilihan untuk men-diversifikasi bisnisnya saat perusahaan sudah meluas dari bisnis utamanya, dan perusahaan dapat berkonsentrasi untuk meningkatkan performa bisnis utamanya.

Pilihan untuk men-diversifikasi bisnis juga dapat terjadi apabila bisnis yang tadinya mengalamin sukses yang besar, dalam waktu yang singkat terjadi penurunan secara tiba-tiba, misalnya pada perusahaan yang bisnisnya tergantung pada ketertarikan trend pembeli.

Ada dua pilihan untuk men-diversifikasi bisnis, yaitu  dengan menjual atau melepas perusahaan untuk hidup secara mandiri.

  1. Cara pertama, yaitu menjual perusahaan ke perusahaan lain. Cara ini adalah cara yang jarang digunakan saat men-diversifikasi bisnis, karena saat perusahaan dijual, perusahaan induk tidak dapat lagi mengontrol perusahaan yang dijual tadi.
  2. Cara kedua, yaitu dengan melepas perusahaan untuk hidup mandiri, dipilih apabila perusahaan induk menilai bahwa perusahaan dapat melangsungkan kegiatan manajerial dan finansial secara mandiri, dan mempunyai kesempatan besar untuk dapat sukses di pasar.
    Perusahaan yang dilepas ini dapat dikontrol dengan cara pemegang saham perusahaan induk membeli sebagian saham perusahan mandiri ini, dengan demikian perusahaan mandiri ini masih dapat memberikan kontribusi finansial bagi para pemegang saham perusahaan induk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *